Tentang IM TELKOM

Tentang IM TELKOM

Sejarah tentang IM TELKOM dimulai pada 23 Mei 1990. Pertama didirikan dengan nama Master in Business Administration (MBA) Bandung melalui akta notaris Wiratni Ahmad, SH., nomor : 163/1990, sebagai Graduate School (sekolah pasca sarjana). Yang kemudian berubah menjadi STMB (Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis) TELKOM.

Pada awal pendiriannya, STMB TELKOM/Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) mengadopsi secara utuh, schooling system yang dilaksanakan di Asian Institute of Management (AIM) Philipines . Sistem ini sudah terbukti sangat baik, karena AIM berhasil menjadi Graduate School ternama di Asia dan Dunia. MBA bandung adalah penyelenggara program MBA pertama di Jawa Barat. Ketika didirikan, organisasi dan pengelolaan lembaga langsung disupervisi oleh 3 (tiga) orang tenaga professional dari AIM, yaitu : 1 (satu) orang Dean (Dean Bernado), 1 (satu) orang Profesor Senior (Prof. Rafael J. Azanza), dan 1 (satu) orang Direktur (Ms. Emmy De Vera). Ketiga orang ini sebenarnya tidak hanya memperkenalkan dan menerapkan schooling system AIM, lebih dari itu, mereka juga mencoba menerapkan kultur dan nilai-nilai profesional yang berlaku di AIM. Kegiatan tersebut mereka lakukan secara konsisten selama 5 tahun, yaitu dari tahun 1990-1995. Mereka datang ke Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) untuk mengajar dengan pendekatan team teaching bersama-sama dengan pengajar internal Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) , dan selalu mendiskusikan mengenai pengelolaan institusi pendidikan yang baik.

Penerapan schooling system AIM di Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) cukup berhasil, hal ini ditunjukkan dengan berhasilnya Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) bersama-sama dengan IPPM, IPMI, dan Prasetya Mulya, masuk ke dalam jajaran 4 (empat) besar sekolah bisnis terbaik versi majalah SWA tahun 1992, mengungguli universitas-universitas negeri seperti UI, ITB, UNPAD, dll.

Kemudian pada tahun 1994 Pemerintah melakukan regulasi pada institusi pendidikan yang beroperasi sebagai graduate school, STMB melakukan penyesuaian dengan semua regulasi pemerintah. Schooling system yang semula murni AIM, seluruhnya disesuaikan mengikuti aturan pemerintah. Perubahan ini tidak menyulitkan, karena STMB sudah memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup untuk mengelola institusi pendidikan.

Barulah pada tahun 1997 STMB membuka program S1 dengan program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI) tanpa menghadapi kesulitan yang berarti, karena telah memiliki pengalaman dalam mengelola post graduate program yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. MBTI mendapat ijin dari Dirjen Dikti dengan status Terdaftar melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pemberian Status terdaftar Kepada Program Studi Manajemen untuk Jenjang Pendidikan Program S1 di Lingkungan Sekolah Tinggi Manajemen Bandung di Bandung.
Namun demikian, karena STMB belum memiliki pengalaman dalam pengelolaan mahasiswa yang berjumlah banyak seperti universitas yang mencapai jumlah ribuan orang mahasiswa, dan STMB sangat memperhatikan pengelolaan program yang mengacu pada skala yang baik dan berkualitas, maka penerimaan mahasiswa program S1 angkatan pertama tahun 1997 hanya mencapai 50 (lima puluh) orang mahasiswa
No. : 581/DIKTI/Kep/1997. Sedangkan akreditasi dari BAN-PT barulah di dapatkan pada tahun 2002 dengan hasil yang sangat memuaskan, ”A”.

Visi, Misi, Sistem Nilai, Tujuan dan Motto

VISI

Menjadi lembaga pendidikan Tinggi bidang Manajmen berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Unggul dan menjadi pilihan di Tingkat Regional


MISI

  • Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang Unggul dan menghasilkan lulusan yang mandiri sesuai kebutuhan Industri dalam bidang manajemen
  • Menyelenggarakan penelitian unggulan dan relevan bagi kebutuhan Industri
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup


SISTEM NILAI

  • Integrity
  • Entrepreneurship
  • Best for Excellence


TUJUAN

  • Menjadi lembaga yang unggul dengan mewujudkan kontribusi nyata di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
  • Memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu manajemen
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa
  • Meningkatkan kesejahteraan karyawan

4 komentar:

ciipinkygirl mengatakan...

saya cukup bangga d im telkom ini...

karena im telkom adalah salah satu unuiversitas terbaik di indonesia yang memiliki kualitas yang baik.

devi indah noviansyah mengatakan...

saya pun begitu .. hehehe

pipidsuperwoman mengatakan...

kampuss kita maameeen !!

cii ROBBY mengatakan...

imT memankk YAHUUUDDDDD

HEEHEHHE

CAIO IMT

Posting Komentar